Keamanan di Bandung Lebih Terjamin dengan CCTV Berkualitas

Bandung CCTV? Apa pengertian dan Manfaatnya?


Bandung CCTV adalah sistem pengawasan kamera tertutup (Closed Circuit Television) yang terpasang di wilayah kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat, serta membantu pihak kepolisian dalam mengawasi kegiatan di wilayah tersebut.
Dengan adanya Bandung CCTV, pihak keamanan dapat memantau situasi di beberapa titik strategis secara real-time dan melakukan tindakan preventif atau responsif apabila terjadi kejadian yang memerlukan tindakan darurat. Sistem ini terus dikembangkan dan ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Bandung.

1.    ATCS (Area Traffic Control System)
Area Traffic Control System atau yang lebih dikenal dengan istilah ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.


ATCS terdiri dari beberapa sistem utama yaitu :
•    Server & Workstation yang berfungsi sebagai pusat operasional untuk memonitor dan mengontrol kondisi lalu lintas dari seluruh persimpangan dalam satu area
•    Wall Map yang berfungsi menyediakan informasi status dan kondisi dari Local Controller
•    Local Controller yang berfungsi sebagai pengontrol persimpangan
•    Video Surveilance yang berfungsi untuk memantau melalui jaringan kamera CCTV
•    Vehicle Detector yang berfungsi untuk mendeteksi kendaran-kendaran yang terpantau melalui kamera CCTV
layanan yang diberi nama Area Traffic Control System (ATCS). Berdasarkan pantauan terbaru, layanan ini menyediakan 57 link CCTV yang bisa diakses oleh publik melalui situs resminya.

2.    Pemantauan Lalu Lintas Kota Bandung (Pellindung)
Kedua, layanan bernama Layanan ini menyediakan link CCTV online yang jumlahnya jauh lebih banyak, yaitu mencapai 182. Layanan ini berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Bandung sebagai salah satu realisasi dari konsep smart city.

Bandung CCTV Memudahkan Masyarakat Dalam Memantau Lalu Lintas

Keberadaan CCTV yang tersebar di berbagai titik kota Bandung jelas sangat membantu masyarakat untuk merencanakan perjalanannya.
Termasuk pengendara-pengendara yang berasal dari luar kota. Seperti diketahui, Bandung merupakan salah satu kota favorit untuk dikunjungi oleh warga Jakarta atau kota-kota lain ketika memasuki tanggal merah.
Manfaat Bandung CCTV
Selain itu masih banyak lagi manfaat CCTV Lalu Lintas bagi pengendara kendaraan. Simak penjelasannya dibawah ini.
•    Meningkatkan Keamanan: CCTV dapat membantu meningkatkan keamanan di jalan raya dengan memantau lalu lintas dan mengidentifikasi pelanggaran hukum seperti melanggar rambu lalu lintas, menyalip dari jalur yang salah, dan mengemudi dalam keadaan mabuk atau terlalu cepat. Hal ini dapat membantu dalam menindak pelanggaran dan mencegah kecelakaan lalu lintas.

•    Meningkatkan Mobilitas: CCTV juga dapat membantu mengatur lalu lintas dan meningkatkan mobilitas di jalan raya. Pihak berwenang dapat menggunakan kamera untuk memantau kondisi lalu lintas dan mengambil tindakan jika terjadi kemacetan atau kecelakaan. Hal ini dapat membantu mengurangi kemacetan dan memastikan mobilitas yang lebih baik.

•    Meningkatkan Efisiensi Transportasi: CCTV juga dapat membantu meningkatkan efisiensi transportasi dengan mengidentifikasi masalah yang mempengaruhi lalu lintas seperti kepadatan, kondisi cuaca, dan kecelakaan. Hal ini dapat membantu dalam mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi masalah tersebut dan memastikan transportasi yang lebih efisien.

Layanan ini hadir dengan basis situs web yang artinya pengguna bisa mengaksesnya secara lebih mudah bahkan ketika menggunakan telepon genggam.

Latest Blog