Instal CCTV: Panduan Instal CCTV Sendiri dengan Mudah

Apa yang harus dilakukan Ketika Anda sudah membeli CCTV yang Anda inginkan?

Ada banyak hal yang harus dilakukan. Salah satu diantaranya adalah memasang atau instal CCTV tersebut di tempat yang Anda inginkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah panduan instal CCTV sendiri dengan mudah di rumah ataupun di tempat manapun yang Anda inginkan.

1.      Pilih tempat yang tepat: Pilih tempat yang tepat untuk memasang CCTV. Pastikan tempat tersebut strategis dan bisa memantau area yang ingin diawasi.

2.      Siapkan peralatan: Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kamera CCTV, DVR/NVR, kabel coaxial, adaptor, dan kabel listrik.

3.      Pasang kamera CCTV: Pasang kamera CCTV di tempat yang telah dipilih. Pastikan kamera CCTV terpasang dengan kokoh dan tidak mudah bergoyang.

4.      Hubungkan kamera ke DVR/NVR: Hubungkan kamera CCTV ke DVR/NVR menggunakan kabel coaxial. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan tidak kendor.

5.      Sambungkan DVR/NVR ke monitor: Sambungkan DVR/NVR ke monitor menggunakan kabel HDMI atau VGA. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan tidak kendor.

6.      Hubungkan DVR/NVR ke jaringan: Hubungkan DVR/NVR ke jaringan internet menggunakan kabel ethernet. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan tidak kendor.

7.      Konfigurasi DVR/NVR: Konfigurasi DVR/NVR sesuai dengan panduan yang diberikan. Pastikan DVR/NVR sudah terhubung dengan internet dan bisa diakses dari smartphone atau komputer.

8.      Pasang adaptor dan kabel listrik: Pasang adaptor dan kabel listrik untuk kamera CCTV dan DVR/NVR.

9.      Uji coba: Uji coba kamera CCTV dan DVR/NVR untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Untuk CCTV yang menggunakan WiFi internet, ada beberapa Langkah serupa yang harus dilakukan, namun ketika proses menghubungkan antara CCTV nya saja yang berbeda. Berikut adalah Langkah-langkahnya.

1.      Pilih tempat yang tepat: Pilih tempat yang tepat untuk memasang IP Camera. Pastikan tempat tersebut strategis dan bisa memantau area yang ingin diawasi.

2.      Siapkan peralatan: Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti IP Camera, kabel ethernet, adaptor, dan kabel listrik.

3.      Hubungkan kamera ke jaringan: Hubungkan IP Camera ke jaringan internet menggunakan kabel ethernet atau Wi-Fi jika IP Camera tersebut memiliki kemampuan wireless. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan tidak kendor bagi yang menggunakan ethernet.

4.      Pasang adaptor dan kabel listrik: Pasang adaptor dan kabel listrik untuk IP Camera.

5.      Konfigurasi IP Camera: Konfigurasi IP Camera sesuai dengan panduan yang diberikan. Anda bisa mengunduh aplikasi IP Camera yang disediakan oleh produsen dan mengikuti panduan instalasi.

6.      Uji coba: Uji coba IP Camera untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan Anda bisa mengakses IP Camera dari smartphone atau komputer.

7.      Pasang bracket atau mount: Pasang bracket atau mount untuk IP Camera jika diperlukan. Pastikan IP Camera terpasang dengan kokoh dan tidak mudah bergoyang.

 

Sekian tutorial instal CCTV sendiri dengan mudah baik itu CCTV yang menggunakan DVR / NVR sebagai media penyimpanannya, ataupun CCTV yang menggunakan microSD sebagai media penyimpanannya, dan Wi-Fi sebagai media penghubungnaya

Latest Blog